Wednesday, March 15, 2017

ILMU BAGUS dari seorang Motivational - Speaker di Youtube bernama Simon Sine

- Sekitar 3 tahun lalu, pas lagi asyik-asyiknya ngisi roadshow
- seminar keliling Indonesia, Saya dapat ILMU BAGUS dari seorang Motivational - Speaker di Youtube bernama Simon Sine
- Kenal? Hehe
- https://www.youtube.com/watch?v=qp0HIF3SfI4
- Pas senggang, tonton aja. Bagus kok...
- Intinya, dalam melakukan sesuatu, ada baiknya kita mulai dari pertanyaan
- - "KENAPA"
Start with Why... begitu pokoknya.
Karena banyak, orang melakukan sesuatu yang bermulai dari "APA" (what) ketimbang "KENAPA"
Maka jangan heran, banyak pembicara yang memberikan materinya secara membosankan...
Mulai dengan kalimat, "Hari ini kita akan membahas tentang Copywriting..." <--- bosenin
Ketimbang bilang gitu, mending langsung ngomong, "Kenapa Copywriting itu penting untuk kita pelajari? Menurut Anda, kenapa?" <-- terjadilah proses berpikir dan tanya jawab
Ilmu "Start with Why" ini gak hanya berlaku saat ngisi seminar atau presentasi saja, tapi bisa juga saat melakukan sesuatu lainnya
Dulu pas kuliah Saya pernah mempresentasikan Business Plan Saya ke dosen, Alhamdulillah izin Allah 2x Saya dapat pendanaan dari kampus... Rahasianya? Pas jelasin, start with why...
Ilmu ini juga bisa Anda pakai pas sidang skripsi. Daripada ngomong judul langsung, mending ngomong "kenapa" nya dulu. Cobain deh!
Pernah baca buku2 Saya? Disadari atau tidak, semuanya dimulai dari "KENAPA", ketimbang "APA"
Contoh, buku #GaraGaraFacebook
Awal-awal Saya bahas:
- Kenapa Sosial Media?
- Kenapa menggunakan Facebook?
- Kenapa memilih yang GRATISAN?
- Kenapa harus percaya sama buku Saya?
...dan seterusnya
Polanya: WHY - WHAT – HOW
Dalam nulis Copywriting juga gitu... Jelasin dulu kenapa-napanya, baru jelasin apa value productnya
Sama halnya dengan aktivitas jualan. Banyak orang hanya fokus mencari tahu "HOW" nya, ketimbang "WHY" nya. Sadar gak?

Misal, omongan...
"Kok dia bisa ya sekali launching langsung terjual 3000 pcs?"
"Kok dia bisa ya resellernya pada loyal?"
"Kok dia bisa ya tiap kontes affiliate juara terus?
...dan lain2
Pertanyaan tersebut gak salah (sebenarnya). Hanya saja, fokus kita biasanya nyari tahu "HOW" nya, ketimbang "WHY" nya. Bener gak?
Gimana ya supaya jualannya laris...
Gimana ya supaya reseller loyal...
Gimana ya supaya bisa juara affiliate..
...dst
Mereka gak menggali "KENAPA" nya. Kenapa dia melakukan itu? Kenapa dia bisa begitu? Apa alasan dia? Apa mindset dia?
Misalnya Saya. Bagi Saya, jualan itu adalah aktivitas menolong orang yang dibayar...
Jualan itu HALAL, gak haram. Beda dengan nipu dan riba: HARAM!
Mindset tersebut yang mendrive Saya kenapa tiap hari Saya jualan... tentunya dengan cara elegan, gak hard sell terus-terusan. Ngeganggu.
Termasuk, ketika Saya mempromosikan course Monster Affiliate...
Saya meyakini, course tersebut akan membantu banyak orang agar bisa berpenghasilan dari Affiliate...
ustru kalau Saya gak promo habis-habisan, kok rasanya merasa berdosa. Course bagus kok gak dipromokan serius? Gitu mikirnya. (WHY-nya)
Kalau WHY nya udah kuat, pas jalaninnya gak akan goyah, pasti kuat.
Paa dicibir "ciaelaah... jualan terus", tenang aja. Biarkan mereka komentar, kita yang menikmati hasil. Hehe



sumber telegram nya jagojualan kang dewa eka prayoga

No comments:

Post a Comment